10.000 Langkah Sehari, Menuju Jantung Sehat

http://www.sahealth.sa.gov.au/wps/wcm/connect/cb7a47804c5758c2ba2dbee408a887aa/person-walking.jpg?MOD=AJPERES&CACHEID=cb7a47804c5758c2ba2dbee408a887aa

Anda mau sehat dengan biaya murah dan cara mudah? Ayo berjalan! Tentunya bukan jalan-jalan ke mall atau ke tempat belanja lainnya, tapi berjalan 10.000 langkah sehari untuk menyehatkan tubuh atau disebut olahraga jalan cepat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan jalan 10.000 langkah sehari:

  • Pakailah sepatu yang nyaman dan aman untuk kaki, bukan high heels atau sandal jepit.
  • Lakukanlah peregangan (stretching) terlebih dahulu sebelum memulai berjalan sepuluh ribu langkah.
  • Tegakkan dada Anda, berjalannya dengan langkah besar.
  • Atur pernafasan: tarik nafas panjang dari hidung, keluarkan secara cepat dan teratur dari mulut.
  • Jalan selama 30-60 menit sehari, dengan tempo yang teratur 3 langkah dalam satu detik.

Bila Anda memiliki banyak waktu luang, olahraga murah meriah ini dapat Anda lakukan 3-4 kali dalam seminggu, namun tentu saja disesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Ingat saja poin singkat ini, bergeraklah dan berolahraga walau tidak setiap hari daripada tidak sama sekali.

Berjalan sepuluh ribu langkah diasumsikan sama dengan berjalan sekitar 3 km. Kebiasaan 10.000 langkah ini sangat baik untuk otot jantung yang membutuhkan aliran darah deras agar jantung dapat memompa darah tanpa henti. Dengan demikian, risiko serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir. Berjalan cepat juga dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga dapat mencegah kenaikan berat badan dan dapat mengurangi stress. Setelah berjalan cepat, tubuh akan terasa lebih segar dan Andapun dapat tidur lebih nyenyak. Satu hal yang perlu diingat, berjalan cepat 10.000 langkah ini selayaknya diterapkan oleh segala kalangan usia dan dimulai dari sekarang sebelum penyakit menghampiri. Satu lagi, jangan berjalan  di saat hujan, nanti Anda bisa basah kuyup dan masuk angin.

Note:

Bagi Anda yang menderita encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan kondisinya agar tidak cedera karena mengalami goncangan yang berat oleh beban bobot tubuh. Hal ini disebabkan dengan semakin bertambahnya usia, ruang sendi semakin sempit, lapisan rawan sendi semakin menipis, dan cairan ruang sendipun menyusut.

 

If you can’t swim in the crystal clear water of the Caribbean,

having a routine walk will be a perfect way

to stop thinking about your work after a stressful day.

Nature EPA – Omega 3 Plus

NATURE EPA 1

 

Nature EPA Omega-3 Plus menurunkan kolesterol dan trigliserida, sehingga Anda terhindar dari serangan jantung dan stroke. Aman dikonsumsi bersama obat dokter.

Selengkapnya …

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>