Cara Praktis Menyiapkan Bekal Anak Sekolah

Berikut ini adalah cara praktis menyiapkan bekal anak sekolah. Anak membawa bekal dari rumah, Ibu dapat memastikan kebersihan dan nilai gizinya…

Pernahkah Ibu membayangkan betapa bangganya putra putri Ibu saat memamerkan bekal yang Ibu buatkan kepada teman-temannya? Selain Ibu juga ikut bangga, dengan membawakan bekal Ibu juga dapat memastikan  kebersihan dan nilai gizi yang dikonsumsi anak.

Hal-hal yang perlu Ibu perhatikan sebelum menyiapkan bekal anak:

  1. Tanyakan kepada anak sehari sebelumnya, bekal apa yang ingin mereka bawa besok. Berikan pilihan berdasarkan bahan yang Anda miliki dan tanyakan juga cara penyajian seperti apa yang mereka inginkan.
  2. Sediakan tempat bekal dan tempat minum lebih dari 1, untuk mengantisipasi jika anak lupa membawa pulang tempat bekal atau justru Ibu yang lupa mengeluarkan tempat bekal dari tas anak sepulang sekolah.
  3. Selalu sediakan bahan makanan favorit anak secara bervariasi, misalnya roti tawar, biskuit, kentang, sayuran, buah, bakso, telur, agar-agar, tepung bumbu dsb. Usahakan hindari makanan yang diawetkan.
  4. Siapkan beberapa cetakan makanan/cetakan kue yang lucu agar penyajian makanan menjadi lebih menarik.
  5. Bila memungkinkan, libatkan anak saat menyiapkan bekal sekolahnya untuk melatih kemandiriannya.

Contoh menu bekal anak :

 

Nasi Putih/Merah

bekal anak sekolah

Nasi putih/nasi merah yang digulung dengan telur dadar dan tengahnya diberi sosis atau wortel rebus.

Nasi Dengan Telur Dadar/Ceplok

bekal anak sekolah

Nasi yang disajikan dengan telur dadar/ceplok yang dicetak. Saat ini sudah tersedia berbagai cetakan untuk menggoreng telur di pasaran.

Nasi/Kentang dengan sosis

bekal anak sekolah

Nasi/kentang goreng dengan sosis yang dibentuk seperti gurita lucu.

Nasi Goreng Cetak

bekal anak sekolah

Nasi goreng dicetak dalam mangkuk kecil sebagai kepala panda dan sisa nasi disimpan sebagai badan panda diselimuti dengan telur dadar. Untuk mata dan hidung bisa menggunakan keju dan nori (rumput laut siap pakai berbentuk lembaran).

Roti Tawar

bekal anak sekolah

Roti tawar/roti gandum yang dihias dengan keju yang dicetak dengan cetakan kue  berbentuk hati. Sebagai variasi, Ibu dapat melubangi roti dengan cetakan berbentuk hati atau bunga, lalu hias dengan selai atau mesyes.

Pancake

bekal anak sekolah

Pancake yang dihias lucu dengan kismis/coklat chip sebagai mata dan hidung, atau coklat cair yang dimasukkan ke dalam kantong plastik yang ujungnya dilubangi sedikit untuk menggambar mulut.

Kentang Panggang

bekal anak sekolah

Kentang panggang saus keju dan brokoli.

Beberapa ide di atas hanyalah contoh. Pasti Ibu dan si kecil bisa menciptakan berbagai ide kreatif lainnya. Momen menyediakan bekal sekolah bisa menjadi momen belajar yang menyenangkan. Bagaimana jika anak susah makan? Simak dalam artikel Tips Cerdas Agar Anak Mau Makan.

Blog Comments: (One comment so far)

  1. Pingback: Menciptakan Kedekatan Ayah Dan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>