9 Cara Mudah Tingkatkan Kecerdasan Anak

Anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua pastinya. Pasti Anda sudah tahu bahwa TARA Kid, adalah suplemen untuk anak, berisi cod liver oil yang diperkaya DHA, vitamin A & vitamin D untuk mengoptimalkan kecerdasan & kreativitas. Namun suplemen yang baik tidak akan lengkap tanpa adanya bantuan dari orang tua dan lingkungan dalam menstimulasi otak anak agar berkembang dengan optimal.

Karena itu sebagi orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh cerdas dan sehat, bisa melakukan tips di bawah ini agar kelak anak kita bisa menjadi penerus pembangun bangsa:

1. Bermain Permainan Asah Otak

Catur, teka-teki silang atau permainan tebak-tebakan bisa melatih otak anak Anda. Permainan seperti Sudoku dapat menjadi permainan yang sangat menyenangkan sekaligus melatih pikiran strategis, pemecahan masalah serta pengambilan keputusan yang kompleks. Lestarikan terus permainan ini di sekitar rumah dan juga ajak anak Anda untuk membantu memecahkan masalah yang rumit.

2. Belajar Musik

Berdasarkan penelitian oleh para peneliti Universitas Toronto, belajar bermain musik bermanfaat untuk perkembangan IQ serta akademik anak yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil atau nilai yang lebih bagus ketika di SMA serta IQ yang tinggi saat dewasa.

3. ASI bisa Meningkatkan Kemampuan Otak Anak

ASI adalah makanan yang sangat baik untuk otak bayi. Penelitian secara konsisten sudah menunjukkan jika menyusui memiliki banyak sekali manfaat untuk pertumbuhan bayi. ASI merupakan sumber makanan penting, bisa mencegah infeksi berbahaya. Peneliti Denmark sudah menemukan bahwa menyusui bisa membuat bayi menjadi lebih sehat dan cerdas. Studi ini mengatakan bahwa bayi yang diberi ASI selama sembilan bulan tumbuh lebih cerdas secara signifikan daripada mereka yang mendapatkan ASI kurang dari 1 bulan.

4. Olahraga

Studi yang dilakukan peneliti Universitas Illinois menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kebugaran serta prestasi akademik diantara anak-anak sekolah dasar. Berolahraga bisa mendorong anak untuk lebih percaya diri, mampu bekerja secara tim dan juga berjiwa kepemimpinan.

5. Bermain video game

Mungkin banyak sekali dari Anda yang tidak setuju dengan ini dan memang banyak jenis permainan pada video game yang memiliki efek negatif bagi anak, contohnya permainan bertema kekerasan dan lain-lain, yang tidak terdapat hubungannya dengan kecerdasan otak anak. Masih banyak permainan video game yang bersifat edukatif serta mampu meningkatkan perkembangan otak anak lebih cepat. Sebuah studi yang dilakukan di University of Rochester menemukan jika peserta yang bermain video game akan lebih cepat menyerap pelajaran dibanding mereka yang tidak bermain.

6. Gizi yang terpenuhi

Terpenuhinya gizi anak berpengaruh baik untuk mental dan perkembangan motorik, khususnya dalam 2 tahun pertamanya. Sebagai contoh, anak membutuhkan zat besi untuk perkembangan otak yang baik, jika kekurangan zat besi maka saraf di otak bergerak lebih lambat. Oleh sebab itu jagalah kebutuhan gizi anak dengan memberikan makanan-makanan yang sehat agar meningkatkan perkembangan otak anak Anda.

7. Menggali dan Menjaga Rasa Ingin Tahu Anak

Para ahli mengatakan jika orang tua yang mendorong serta menjaga anak-anak mereka untuk menggali sesuatu yang baru akan mengajarkan mereka kepada pelajaran yang berharga. Dukunglah hobi anak-anak Anda tersebut selama itu positif, jangan bosan menjawab pertanyaan-pertanyaan anak yang mungkin remeh untuk Anda dan ajarkan keahlian-keahlian baru untuk mereka. Hal tersebut bisa membantu perkembangan otak anak ke arah yang lebih intelektual.

8. Membaca Cerita

Membaca adalah cara untuk meningkatkan pembelajaran dan juga perkembangan kognitif untuk anak-anak dari segala usia. Ajari anak-anak Anda untuk suka membaca sedini mungkin dan dorong mereka supaya senantiasa gemar membaca.

9. Sarapan

Sarapan bisa meningkatkan memori, konsentrasi serta belajar. Anak-anak yang tidak sarapan cenderung lebih mudah lelah, lebih mudah marah dan bereaksi lebih lambat dari pada mereka yang tidak sarapan. Jadi jangan sampai anak anda untuk tidak sarapan, karena sarapan bisa membantu anak-anak Anda fokus dan aktif selama jam sekolah.

Sumber:

Ayahbunda.com

www.cnn.com/health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>