Cara Mudah Memelihara Kesehatan Gigi dan Gusi pada Anak

Anak suka sekali dengan makanan manis. Hal itu sudah menjadi tabiat yang didasarkan dari naluri kanak-kanak mereka. Kita sebagai orangtua tentunya sulit untuk mencegah anak untuk makan makanan kesukaan mereka, walaupun terkadang mereka minta makanan itu di malam hari sebelum tidur. Hal tersebut dapat mengakibatkan gigi anak mudah berlubang. Padahal merawat dan memelihara kesehatan gigi dan gusi sejak dini sangat penting bagi anak.

Gigi dan gusi yang sehat dan kuat dibutuhkan untuk mengunyah makanan dengan sempurna. Gigi dan gusi berlubang dapat dicegah dengan merawat gigi, antara lain dengan menggosok gigi secara rutin. Gigi yang rusak atau berlubang, yang biasanya disebabkan karena malas menggosok gigi, dapat menyebabkan infeksi serius, yang bahkan dapat memengaruhi bagian tubuh yang lain.

Untuk menjaga gigi dan gusi anak agar tetap sehat, kita dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Hindari atau kurangi makanan manis

Memakan banyak makanan atau minuman yang manis, misalnya tebu, permen, es krim, soft drink, kopi, teh dan lain-lain, dapat menyebabkan mempercepat pembusukan gigi. Jangan biasakan memberikan makanan manis atau soft drink pada anak-anak jika anda ingin anak anda memiliki gigi yang sehat. Sebisa mungkin jangan biasakan anak makan makanan manis walaupun ia menyukainya. Susah mencegahnya? Anda bisa mengolesi sedikit brotowali pada cokelat atau es krim yang anak Anda makan. Brotowali adalah semacam tanaman pahit yang tidak berbahaya bila tertelan. Sudah tahukah Anda, metode ini sudah biasa dipakai orangtua sejak zaman dahulu ketika hendak menghentikan anaknya meminum ASI.

2. Batasi menggunakan botol susu

Menghisap terus-menerus pada botol akan menggenangi gigi anak dengan cairan manis dan hal ini dapat menyebabkan kerusakan dini pada gigi anak Anda. Kalau memungkinkan hindari penggunaan botol dalam pemberian susu untuk anak Anda. Ketika ia sudah bisa meminum dari cangkir, pakailah cangkir bertutup untuknya minum susu.

3. Sikat gigi setiap hari

Menyikat gigi secara rutin setiap hari, minimal 2 kali sehari, dan segeralah menyikat gigi setelah anak selesai memakan makanan atau minuman yang manis. Mulailah menyikat gigi anak Anda ketika giginya telah mulai tumbuh, selanjutnya ajarkan pada anak untuk menyikat gigi sendiri, awasi caranya agar benar dan menggunakan pasta gigi yang mengandung isomalt seperti Pasta gigi CleanMe Kid Strawberry.

Keunggulan Pasta Gigi CleanMe Kid Strawberry:

  • Bebas flouride, aman bila tertelan. Fluoride akan merusak sel otak, karena mengandung neurotoxin. Lebih dari 300 penelitian membuktikan dan 50 di antaranya meneliti tentang hubungan seringnya terpapar fluoride dengan penurunan inteligensi. 12 penelitian lainnya membuktikan fluoride berhubungan dengan penurunan neurobehavioral yang menyebabkan penurunan spasial. Penelitian dari “meta analysis” dari Harvard membenarkan bahwa fluoride akan menyebabkan kelainan perkembangan otak dan menurunan IQ pada anak secara permanen.
  • Mengandung Isomalt, pemanis yang aman dan mampu melindungi gigi.
  • Mengandung Calcium Carbonate dan Hydrated Silica, yang dapat meembersihkan dan mencegah noda menempel pada gigi, sekaligus membantu pertumbuhan gigi.
  • Aroma strawberry-nya pasti disukai anak

 

sumber:

www.smallcrab.com

http://fluoridealert.org/issues/health/brain/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>