Doyan Minum Es Setelah Makan? Aman Gak Ya?

Siapa yang suka minum es teh manis atau minuman dingin lainnya setelah makan siang?

Setelah menyantap bakso atau makanan panas di siang hari, pastinya nikmat menutupnya dengan minum es. Air dingin terasa segar mengaliri tenggorokan kita. Terlebih makanan yang kita santap rasanya pedas. Tapi ternyata kebiasaan minum es sesudah makan sangat merugikan kesehatan tubuh. Bayangkan sampah yang melewati pipa pembuangan mengalami pengendapan, disebabkan air yang mendorongnya terlalu dingin.

Efeknya lemak tidak dapat larut dengan sempurna, sehingga sulit melewati “saluran pipa” tersebut. Air dingin yang diminum setelah makan akan menyebabkan dinding usus menyempit sehingga pencernaan menjadi tidak lancar. Dampak buruk lainnya, proses penyerapan makanan akan terganggu. Selain itu, apalagi ya dampak buruk minum air es setelah makan siang?

Yuk kita simak:

1. Pembengkakan Amandel

Bagi Anda yang kebanyakan minum es bahkan di setiap Anda selesai makan, akan sangat berisiko mengalami pembesaran amandel. Akibatnya, Anda akan merasa sulit saat menelan makanan. Kelenjar amandel yang bengkak, dapat mengganggu pernafasan. Risiko makin meningkat, dengan kebiasaan minum es setelah menyantap makanan yang sarat dengan lemak jenuh.

2. Penyerapan Nutrisi Menjadi Tidak Optimal

Dinding usus yang mengerut akibat minum air dingin, akan menyebabkan nutrisi dalam makanan sulit diserap oleh tubuh. Distribusi nutrisi juga sulit dilakukan, disebabkan darah yang kurang encer.

3. Berisiko Terserang Sakit Kepala

Minum es setelah makan menyebabkan perubahan suhu secara mendadak dalam tubuh. Metabolisme dalam tubuh akan terganggu, sehingga asupan oksigen ke otak mengalami penurunan. Dampak yang paling terasa adalah sakit kepala.

4. Berisiko Terjadi Penumpukan Lemak di Perut

Lemak dalam makanan akan sulit dibakar, jika Anda minum es setelah makan. Terutama bagi Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, hentikan kebiasaan ini. Anda tentunya tidak ingin lemak menumpuk di perut, bukan?

5. Memperburuk Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung, minum es setelah makan sangat tidak disarankan. Hal ini dapat menyebabkan penyakit makin parah. Lebih baik minum FitA-Liv setelah makan, selain segar, juga menyehatkan lambung lho!

6. Radang Tenggorokan

Kebiasaan minum es setelah makan sangat berisiko memicu lendir di tenggorokan. Gejalanya termasuk rasa sakit saat menelan makanan. Akan lebih baik jika Anda minum air hangat sesudah makan, yang akan membuat pencernaan lebih lancar.

7. Masalah Usus

Air es yang masuk ke dalam perut akan membuat usus lebih dingin dan mengerut. Makanan dalam usus pun ikut membeku. Efeknya, risiko terjadinya endapan lemak pada saluran usus. Tidak menutup kemungkinan terjadinya penyumbatan pada saluran cerna.

8. Risiko Pembentukan Batu Ginjal

Hal ini terutama bagi Anda yang suka minum es teh. Zat oksalat dalam minuman dingin ini dapat memicu terbentuknya kristal pada ginjal. Imbangi dengan sering minum jus yang baik untuk mencegah batu ginjal.

9. Mengacaukan Ritme Jantung

Jika Anda terlalu banyak minum air es setelah makan, maka aliran darah dapat terhambat. Saraf di sekitar jantung menjadi dingin, yang pada akhirnya dapat memengaruhi ritme jantung. Akibatnya, denyut jantung tidak teratur dan kemungkinan terjadi sesak nafas.

10. Gangguan Pencernaan

Air es yang masuk ke dalam usus akan menyebabkan lemak yang ada di dalam makanan membeku, sehingga sulit untuk dinetralisir. Risiko lainnya adalah mudahnya bakteri mengganggu sistem cerna.

11. Perut Kembung

Es yang diminum setelah makan akan mengakibatkan kenaikan gas dan asam lambung. Selain itu, otot perut pun menjadi kram dan tegang. Hal ini disebabkan reaksi enzim dalam lambung terhadap suhu dingin. Dampaknya adalah menumpuknya gas dalam perut, sehingga perut terasa begah.

12. Risiko Mengalami Pembekuan di Otak

Otak merupakan organ yang sangat peka terhadap perubahan suhu. Organ tubuh ini harus dalam kondisi hangat. Konsumsi air es secara berlebihan tidak baik bagi otak. Terlebih penderita migrain, hindari kebiasaan tidak sehat ini karena akan menyebabkan peredaran darah ke otak menjadi tidak lancar, sehingga menyebabkan migrain.

Nah, itulah 12 bahaya minum es setelah makan bagi kesehatan. Meskipun terasa lega dengan minuman dingin, tapi setelah tahu risikonya pasti Anda akan berpikir ulang untuk terus melakukan kebiasaan yang tidak baik tersebut. Jadi, aktivitas apa yang baik dikerjakan setelah makan? Istirahat sejenak selama 15 menit, lalu minum air mineral yang tidak dingin.

Semoga bermanfaat.

Sumber:

Liputan6/health.com

kinisehat.com/

voaindonesia.com

vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>