Benarkah Kecanduan Kafein Menyebabkan Gangguan Mata?

Gangguan mata gara-gara terlalu lama memandangi layar gadget atau kebiasaan buruk lainnya seperti membaca sambil tidur sudah sering kita dengar dong pastinya? Namun sudah tahukah Anda bahwa kopi juga bisa menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan mata?

Gangguan mata dipengaruhi oleh kafein, zat yang dikandung dalam kopi. Gangguan tersebut disebut exfoliation glaucoma. Gangguan mata tersebut dapat menimpa siapa saja di umur berapa saja, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita glaucoma. Hal tersebut berdasarkan hasil riset dari Dr.Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine di Brigham and Women’s Hospital, Boston.

Studi tersebut melibatkan 79 ribu responden wanita. Dari data kesehatan yang diambil terhadap pemeriksaan mata dan kuesioner yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak konsumsi kopi per hari, terbukti peringkat teratas untuk kasus gangguan mata akibat kopi. Mereka terbukti mengonsumsi kopi tiga cangkir lebih dalam satu hari.

Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan di jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science juga menunjukkan adanya hubungan antara kelebihan kafein dengan exfoliation glaucoma. Gejalanya ialah mata terasa berat dan nyut-nyutan, disebabkan adanya tekanan pada bola mata yang bisa menyebabkan kerusakan saraf optik lainnya disekitar mata, dan bisa menyebabkan kebutaan permanen.

Sebagai pencegahan, kita harus rutin makan makanan yang bergizi bagi kesehatan mata. Wortel? Mungkin itu makanan yang sejak zaman nenek moyang kita ditegaskan sebagai vitamin mata. Namun selain wortel, ternyata ada makanan lain yang lebih bermanfaat untuk kesehatan mata, yaitu bunga marigold atau orang Indonesia lebih mengenalnya dengan nama “bunga tai ayam”. Marigold mengandung Lutein yang berpigmen kuning, merupakan antioksidan yang berfungsi memperbaiki kerusakan sel-sel saraf mata sehingga dapat mencegah mata merah dan mata kering, mencegah katarak, glaucoma dan degenerasi makula.

Tapi kita tidak mungkin makan bunga marigold mentah-mentah bukan? Agak aneh juga bila kita memasaknya menjadi sayur. Karena itu Tara telah menghadirkan solusinya agar manfaat dari bunga marigold tetap didapat tanpa merepotkan Anda. Cukup rutin mengonsumsi Tara VisiBright 1-2 kapsul/hari akan menghindari efek samping dari minum kopi berlebih.

Selain itu Tara Visibright juga mengandung Bilberry extract, Selenium, Beta karoten L-Optizinc dan Eye bright extract yang akan mengoptimalkan kesehatan mata Anda dari dalam. Tidak takut lagi dong untuk minum kopi?

Yuk kita ngopi!

 

Sumber:

Menshealth.com

Sciencedaily.com

kesehatan96.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>