Pegal Biasa atau Ada yang Salah dengan Badan Anda?

Badan merasa pegal setelah bekerja atau berolahraga adalah hal wajar. Namun ada kalanya perlu diwaspadai jika rasa tidak nyaman itu sulit sembuh. Bisa jadi munculnya pegal menjadi pertanda dari adanya penyakit yang menyerang tulang, sendi, maupun otot. Oleh sebab itu perlu berkonsultasi ke dokter apabila ditemukan hal demikian.

Ada lima rasa nyeri yang ternyata berbahaya untuk dianggap sebagai pegal biasa, di antaranya adalah:

1. Nyeri berat di kaki atau betis

Kemungkinan penyebab: trombosis vena dalam atau gumpalan darah yang terbentuk pada vena.

Orang-orang berisiko mengalami trombosis vena dalam diantaranya adalah pasien yang beristirahat paska operasi atau wanita yang menggunakan kontrasepsi.

Ciri lainnya adalah, rasa sakit yang tidak bisa diabaikan dan rasa nyeri pada kaki dan betis terasa sangat menyakitkan bahkan membuat penderitanya tidak bisa berjalan. Jika rasa nyeri itu dirasa seperti kejang, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan USG.

2. Nyeri berat di punggung atas

Kemungkinan penyebab: penyakit diseksi aorta

Rasa sakitnya bisa sampai membuat sang penderita mengeluarkan air mata karena merasa seperti dicabik-cabik. Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi atau penyakit jaringan ikat, seperti sindrom marfan, berisiko terkena penyakit ini. Diseksi aorta dapat menyebabkan stroke, lumpuh, atau gagal ginjal.

3. Sakit perut hebat di bawah pusar

Kemungkinan penyebab: gangguan kehamilan ektopik.

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang berkembang di luar rahim. Bedanya dengan sakit perut biasa, sakit perut akibat adanya kehamilan ektopik adalah kehamilan Anda tidak akan terdeteksi di alat cek kandungan yang menggunakan air kemih.

4. Sakit gigi

Kemungkinan penyebab: angina ludwig, yaitu bengkak pada gigi yang akan menjalar hingga ke leher.

Nyeri berat pada gigi, yang menjalar ke bawah leher mungkin merupakan tanda dari angina Ludwig atau infeksi bagian bawah mulut. Untuk tindakan segera dalam meringankan sakit giginya, Anda bisa oleskan CleanMe Pasta Gigi Isomalt di gigi yang terasa sakit.

5. Sakit kepala parah

Kemungkinan penyebab: perdarahan otak.

Jika Anda mengalami sakit kepala tiba-tiba dan mencapai intensitas maksimum rasa sakit dalam beberapa waktu atau menit, bisa saja terjadi perdarahan di otak Anda yang bisa membuat stroke. Biasanya orang yang mengalami perdarahan di otak akan reflek mencengkeram kepala mereka, dapat dengan cepat jatuh ke lantai, kemudian mengerang kesakitan hebat. Bahkan kadang-kadang mereka sampai kehilangan kesadaran. Jika Anda melihat seseorang yang mengalami hal seperti di atas, lebih baik segera panggil tenaga medis. Jangan mencoba untuk ambil tindakan sendiri karena dapat berakibat fatal.

Sumber:

www.geniusbeauty.com
www.cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>