12 Tips Anak Tumbuh Cerdas

Setiap ibu berharap anaknya mempunyai otak brilian. Tidak ada satu pun yang ingin anaknya lambat dalam berfikir. Untuk mendidik anak supaya cerdas, selain terdapat peran guru di sekolahan, orang tua juga mempunyai peran yang penting.Agar anak mempounyai daya tangkap yang optimal, pastikan ia berada di lingkungan yang kondusif untuk belajar. Kehidupan keluarga yang harmonis dan suasana tenang juga akan menentukan perkembangan daya pikir seorang anak. Supaya anak lebih pintar dan pandai, proses mendidiknya harus dilakukan sejak usia dini.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua, supaya anaknya lebih cerdas dan pintar:

1. Berikan ASI eksklusif pada bayi Anda

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI eksklusif cenderung memiliki imunitas yang baik dan otak lebih cerdas daripada bayi yang diberikan susu formula.

2. Tingkatkan perkembangan otak anak dengan omega-3 dan DHA

Omega-3 dan DHA baik untuk menunjang perkembangan otak. Omega-3 dapat diperoleh dari TARA Kid Cod Liver Oil + DHA, yang merupakan suplemen khusus untuk anak yang mengombinasikan Cod Liver Oil yang kaya akan Omega 3, Vitamin A, dan Vitamin D. Dengan nutrisinya yang lengkap, TARA Kid sangat efektif dalam mengoptimalkan kesehatan, kecerdasan, daya tahan tubuh, dan kreativitas anak.

3. Tumbuhkan sikap mandiri dan tanggung jawab

Terlalu memanjakan buah hati Anda tidaklah baik bagi perkembangan kepribadiannya. Sikap khawatir adalah wajar, tapi jangan berlebihan. Biarkan anak belajar mengerjakan tugas yang menurutnya agak sulit, bantu ia ketika benar-benar tidak sanggup menyelesaikan tugas tersebut.

4. Sering berkomunikasi dengan anak

Jangan hanya mengandalkan guru di sekolahan, dalam upaya mendidik anak. Lakukan komunikasi secara aktif dengan anak, karena perhatian orang tua sangat menentukan perkembangan otak dan cara berpikir mereka.

5. Dengarkan pendapatnya

Jika anak terlatih mengeluarkan opini maupun ide, maka kondisi ini sangatlah baik untuk mengasah kecerdasannya. Jika Anda tidak mendengar opini dan ide darinya, sifat pemalu dan minder dapat tumbuh dalam dirinya. Jadi, hargai gagasan yang muncul dari benaknya.

6. Sanjung anak Anda saat berprestasi

Menyanjung anak atas keberhasilannya dalam pelajaran atau bidang akademik lain, akan menumbuhkan rasa percaya diri. Tindakan ini sangat penting untuk mengasah kecerdasan otaknya. Sebaliknya, membentak anak saat ia bersalah dapat merusak sel-sel otak.

7. Lingkungan yang tenang

Supaya anak menjadi cerdas dan pintar, jauhkan ia dari lingkungan yang bising dan ramai. Hasil penelitian di Jepang menyimpulkan bahwa anak kecil yang tumbuh di lingkungan bising lebih rendah daya ingatnya daripada mereka yang menetap di lingkungan yang sepi.

8. Sering bacakan buku cerita

Saat anak Anda belum bisa membaca, bacakan buku dongeng yang memuat pelajaran baik. Dengan mendengar cerita yang anda baca, daya imajinasi dan kecerdasan anak akan meningkat.

9. Temani anak Anda saat menonton TV

Tidak semua program acara TV ditujukan untuk anak-anak. Pastikan acara televisi yang ditonton si kecil merupakan tayangan khusus untuk anak kecil. Anda dapat melihat tulisan di pojok layar monitor, apakah tayangan tersebut cocok untuk anak Anda. Meskipun begitu, jangan biarkan anak berlama-lama di depan monitor TV, karena ia akan malas untuk belajar.

10. Sesekali, temani anak Anda saat bermain

Saat anak bermain dengan temannya, sesekali dampingi mereka. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui potensi dalam dirinya.

11. Jauhi jajan yang mengandung banyak bahan pengawet

Jangan biarkan anak Anda sering makan jajanan yang tidak sehat, seperti junkfood atau snack yang berbahan MSG. Penyedap rasa yang ditambahkan pada makanan ringan pada umumnya tidak baik untuk kesehatan otak.

12. Pastikan anak beristirahat cukup

Jangan biarkan anak begadang hingga larut malam, karena kebiasaan tersebut akan menurunkan konsentrasi saat belajar. Sebaiknya anak tidur selama 8 jam setiap malam.

 

Sumber:

Bidanku.com

http://lifestyle.kompas.com

www.ayahbunda.com

everydayhealth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>