Tips Melewati Beratnya Hari Pertama Berhenti Merokok

Sudah terlalu banyak penelitian yang membuktikan bahwa rokok tidak baik bagi kesehatan. Sudah banyak pula tempat-tempat umum yang melarang menyalakan rokok, akhirnya tidak sedikit perokok yang menyadari bahaya rokok bagi kesehatan dan orang-orang di sekitarnya yang berhenti menjadi “lokomotif berjalan.” Mungkin Anda salah satunya? Atau mungkin Anda ingin sekali berhenti, namun tidak bisa memulainya? Tips nya sangat mudah; berhentilah merokok hari ini!

“Duuuh ngomong sih gampang, merealisasikannya susah sekali!”

Bila memang itu yang Anda rasakan, cobalah tips di bawah ini, bagaimana melewati hari pertama berhenti merokok yang sangat berat:

Sesap air dingin dan makan makanan kecil

Menghirup air dingin melalui sedotan dapat membantu mengganti tindakan mengisap rokok. Menurut penelitian, hal ini juga dapat membantu melepaskan dopamin, senyawa kimia otak merasa baik yang dapat membantu meringankan suasana hati yang buruk. Makan makanan kecil juga bisa membantu melewati keinginan untuk merokok. Pilihlah makanan sehat untuk menghindari kenaikan berat badan.

Catat manfaat yang Anda peroleh

Tidak perlu menunggu lama untuk mulai menikmati manfaat dari kehidupan bebas asap rokok. Tulislah hal-hal yang baik ketika Anda mulai memperhatikannya. Termasuk mengontrol perasaan, menghemat uang, bau lebih segar, mencicipi makanan lebih jelas, dan merasa lebih energik. Ketika ada dorongan untuk merokok lagi, segera  lihat daftar Anda sebagai pengingat.

Menyikat gigi lebih sering

Salah satu manfaat instan berhenti merokok adalah mulut terasa lebih baik dan bau napas lebih baik. Sikatlah gigi ketika perasaan ingin merokok datang. Dengan begitu, Anda akan lebih cenderung memerangi rokok, dan gigi menjadi lebih sehat, mulut pun menjadi lebih segar.

Menghindari alkohol

Minum minuman alkohol adalah alasan yang paling umum membuat orang kembali untuk merokok. Alkohol merusak untuk menahan diri dan mengikis komitmen Anda untuk berhenti merokok. Untuk itu hindarilah alkohol!

Mencari zona tidak merokok

Ketika dorongan untuk merokok membuncah, pergilah ke suatu tempat yang tidak ada asap rokoknya, seperti bioskop, perpustakaan, atau mall. Semakin lama di tempat ini, akan lebih mudah untuk berhenti merokok.

Ingatlah alasan Anda untuk berhenti

Tuliskan semua daftar alasan untuk berhenti merokok. Buat salinannya dan tempelkan di tempat Anda banyak menghabiskan waktu, di dapur, di kantor, di cermin kamar mandi. Ini untuk mengingatkan Anda kembali ketika melihatnya. Beberapa mantan perokok mengatakan bahwa mereka menempatkan foto keluarga dan orang yang dicintai bersama alasan mereka berhenti merokok.

Aktif setiap hari

Olahraga menawarkan mengalihkan perhatian dari mengidam rokok. Ketika tubuh aktif, ia akan mengirimkan senyawa kimia alami yang membantu suasana hati dan mengurangi stres. Berjalan adalah salah satu olahraga yang paling mudah bagi kebanyakan orang.

Pilihlah beberapa kegiatan yang berbeda  yang membantu tetap termotivasi. Sisihkan waktu untuk aktif secara aktif setiap hari, terutama pada bulan pertama Anda berniat berhenti merokok.

 

Sumber:

Intisari-online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>