Tips Mengajari Anak Makan Sendiri

Bayi Ibu mulai mencoba memegang sendok atau meraih mangkuk yang Ibu gunakan? Mungkin ini saatnya Ibu mulai mengajari anak makan sendiri. Tidak perlu kuatir kotor atau belepotan, karena bayi yang sejak dini sudah dibimbing akan lebih mudah makan sendiri. Namun demikian, dibutuhkan kesabaran Ibu sampai anak benar-benar terampil menggunakan peralatan makannya dan mampu mengunyah dengan baik.

Berikut adalah tips untuk membiasakan anak makan sendiri :

  1. Saat berusia 8-10 bulan si kecil mulai belajar menggenggam, biarkan si kecil mencoba memegang makanan kering atau finger food. Awasi dengan seksama, karena pada usia tersebut biasanya anak memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya.
  2. Saat anggota keluarga lain makan, ajaklah si kecil makan bersama dengan mendudukkannya di highchair sambil disuapi makanan. Dengan demikian  si kecil mulai mengenal disiplin makan, ada waktunya dan kalau makan harus di meja makan.
  3. Gunakan slabers, bip atau tatakan iler yang bersih.
  4. Sediakan lap basah untuk membersihkan tumpahan makanan si kecil.
  5. Berikan sendok atau garpu kecil sesuai dengan ukuran tangan dan lebar mulutnya, sesekali anak akan menyendok atau mengambil makanannya dengan tangan saat Ibu menyuapkan bubur kepada si kecil.
  6. Bersikaplah santai dan tenang saat mendampingi anak makan, biarkan anak berusaha sendiri untuk melatih kemandirian. Kecuali anak sudah lelah, bantulah untuk menyendokkan makanan ke mulutnya.
  7. Biasakan si kecil berkonsentrasi dan menghabiskan makanannya.

Agar anak tidak merasa bosan, variasikan jenis makanan, tekstur yang tepat, sehingga selain membantu proses pertumbuhan organ pencernaannya, kebutuhan gizi si kecil juga terpenuhi. Bagaimana jika anak mulai memilih makanan dan tidak mau makan sayur? Simak dalam artikel berikutnya “Tips Jitu Agar Anak Mau Makan Sayur”.

Blog Comments: (One comment so far)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>